Stress Healing Class dengan Menari

Menari untuk Menghilangkan Stress

Setiap orang pasti memiliki masalahnya sendiri – sendiri. Baik itu dari dalam diri sendiri maupun dari lingkungan luar. Masalah – masalah yang menumpuk akan menyababkan pikiran menjadi stress. Nah, stress itulah yang harus kita lawan agar tidak menjadi penyakit yang berada di tubuh kita. Bisa dengan berbagai cara untuk melawan stress itu. Biasanya saya menghilangkan stress dengan berbelanja alias shoping atau berwisata ke tempat rekreasi. Nah, kali ini saya mencoba mengikuti workshop “Stress Healing Class” dimana cara menghilangkan stress dengan menari. Workshop diadakan oleh event organizer bernama Luna de La Sol pada hari Minggu, 26 November 2017 di Abhayagiri Restaurant, Yogyakarta. Workshop ini diisi oleh dua pembicara yaitu Mila Rosinta T., S.Sn, M.Sn dan Anggiastri H.U., M.Psi., Psikolog. Mila Rosinta merupakan Founder Mila Art Dance dan Anggiastri merupakan Owner LPDK Kemuning Kembar.

Workshop dimulai pukul 13.30 dimana dihadiri oleh selebgram Yogyakarta, blogger Yogyakarta, dan peserta lainnya dengan background yang bermacam – macam. Sesi pertama diisi oleh Anggiastri yang mengenalkan apa itu stress dan bagaimana melawannya. Jadi, sebaiknya stress itu dihindari jangan ditaruh di pikiran kita. Sehingga Anggiastri dan Mila menggabungkan metode menghilangkan stress dengan menari. Sesi kedua diisi oleh Mila Rosinta dimana beliau mengajarkan berbagai macam gerakan dasar tari, dari nyiting, nyempurit, ngepel, dll. Seperti yang disampaikan Mila, bahwa ada tiga tipe orang yaitu introvert, ekstrovert, dan ambivert. Introvet adalah orang yang pemalu, cenderung nyaman pada keadaan sendiri, dan biasanya selalu memendam masalah dan tidak bisa melampiaskan dengan kata – kata. Sehingga dibutuhkan gerakan tari yang cepat agar bisa meluapkan amarahnya. Sebaliknya, tipe ekstrovert adalah orang yang suka di keramaian, suka bersosialisasi, dan biasanya dengan cepat, jelas, dan langsung meluapkan amarahnya kepada orang di sekitarnya. Sehingga membutuhkan tari yang lembut seperti tari jawa.  Sedangkan ambivert adalah gabungan antara introvert dan ekstrovert. Dia bisa bersosialisasi di lingkungan luar tetapi juga nyaman dengan kesendirian.

Di sesi ketiga inilah peserta diajak untuk mengenal tipe apakah kita dan mengenal tari jenis apa yang kita butuhkan. Untuk saya, saya adalah tipe ambivert dimana saya suka bersosialisasi tetapi saya juga suka dengan kesendirian pada saat – saat tertentu. Untuk menari, saya lebih butuh untuk menari cepat karena saya tipe orang yang selalu memendam masalah. Tetapi jika sudah sampai puncak masalah, biasanya saya meluapkan amarah dengan marah sehingga membutuhkan tari yang lambat dan lembut juga.

apinimunn instagram

Di sesi keempat kita diajak untuk bergabung membentuk satu lingkaran dengan peserta lainnya dan berpegangan tangan kemudian menari sesuka hati kita. Workshop kali ini memang sangat bermanfaat. Bisa memberikan informasi kepada kita bahwa menghilangkan stress bisa dengan menari. Workshop ini ditutup dengan acara foto bersama dan makan malam bersama.

Mila Rosinta Instagram

Semoga bisa bergabung dengan workshop – workshop non akademik lainnya.

Semoga bermanfaat. 🙂

Leave a Reply