Pengalaman RISNAKES 2017

Bulan Agustus kemarin saya mendapat pengalaman berharga yaitu menjadi enumerator Risnakes (Riset Ketenagaan di Bidang Kesehatan). Risnakes ini diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan RI. Risnakes ini dilaksanakan di semua rumah sakit baik negeri maupun swasta dan di puskesmas di seluruh Indonesia. Di Yogyakarta terdiri dari 5 Kabupaten/Kota yaitu Kabupaten Sleman, Bantul, Kulon Progo, Gunung Kidul, dan Kota Yogyakarta. Kami dibagi menjadi beberapa tim. Masing – masing tim terdiri dari 2 orang. Satu tim rumah sakit mengambil data di tiga rumah sakit. Dan satu tim puskesmas mengambil data di lima puskesmas. Sebelum turun ke lapangan, kami dilatih terlebih dahulu selama enam hari di Hotel Santika Yogyakarta. Kami belajar mengenai instrument kuesioner risetnya.

Saya merupakan tim enumerator rumah sakit. Dimana instrument penelitian ada enam jenis. Dimana disebut dengan R1, R2, R3, R4, R5. Dan R6. Tetapi hanya rumah sakit sub sampel saja yang mendapat paket komplit, Hehe. Kalau rumah sakit non sub sampel hanya R1, R2, dan R6 saja. R1 merupakan data rumah sakit terkait status rumah sakit dan jumlah SDM (Sumber Daya Manusia) di rumah sakit. R2 terkait tenaga kesehatan seperti dokter, perawat, bidan, tenaga rekam medis, dll. R3 dan R4 terkait pasien rawat jalan dan pasien rawat inap. R5 terkait observasi kegiatan kepada 1 dokter, 1 perawat, 1 bidan, dan 1 tenaga kesehatan lainnya. Kemudian yang terakhir R6 terkait SIP (Surat Ijin Praktek) dokter.

Tim saya mendapat tiga rumah sakit, dimana dua rumah sakit di Kabupaten Sleman dan satu rumah sakit berada di Kota Yogyakarta.  Satu diantara dua rumah sakit di Kabupaten Sleman merupakan rumah sakit sub sampel. Kami harus menyelesaikan riset ini 5 hari di setiap rumah sakit. Kecuali rumah sakit sub sampel kami mendapat tambahan lima hari sehingga menjadi sepuluh hari. Jadi total kami menyelesaikan riset di tiga rumah sakit adalah 20 hari.

Rumah sakit pertama yang kami ambil adalah rumah sakit di Kota Yogyakarta. Lima hari kemudian dilanjutkan ke rumah sakit kedua di Kabupaten Sleman. Rumah sakit ini bukan rumah sakit sub sampel. Selesai di rumah sakit kedua kami melanjutkan mengambil data di rumah sakit ketiga dimana rumah sakit ini merupakan rumah sakit sub sampel di Kabupaten Sleman. Banyak pengalaman dan pelajaran selama bergabung dalam riset ini. Mendapat teman dan saudara juga dalam riset ini. Semoga saya bisa bergabung dalam riset – riset lainnya juga. Aamiin

 

Leave a Reply