Research Writing Workshop

Workshop ini diselenggarakan oleh Pusat KPMAK yang bekerja sama dengan Nuffic di Hotel Phoenix, Yogyakarta tanggal 25 – 29 April 2017. Workshop diikuti oleh 13 peserta, yang terdiri dari doctor, mahasiswa program doctoral, peneliti dari KPMAK UGM, peneliti dari PKMK UGM, dan 2 orang  alumni magister FETP UGM. Pelatih workshop ini adalah Elizabeth Pisani dan Maarten Kok.

Di hari pertama, kami belajar mengenai “mengapa publikasi itu penting, apa manfaat dan tujuannya”. Ternyata banyak manfaat jika penelitian kita terpublikasi lhoh. Salah satunya untuk karir kita. Kemudian disini kami juga diberikan beberapa soal latihan untuk mendalami materi yang sudah diberikan. Selain itu, di hari pertama kami belajar mengenai introduction dan discussion.

 

Dalam introduction, kami belajar mengenai tips – tips yang ada dalam introduction seperti mengapa kita penelitian kita dilakukan dan beberapa penelitian pendukung lainnya. Kemudian berlanjut ke discussion karena introduction ada kesinambungannya dengan discussion. Discussion terdiri dari beberapa penelitian terdahulu juga, intrepetasi dari hasil, limitasi penelitian, dan adanya rekomendasi untuk mengatasi masalah kesehatan yang ada.

Di hari kedua, kami belajar mengenai method dan result. Serta bagaimana cara membuat data presentasi dan grafik yang baik. Di method terdiri dari teknik sampling, variabel, ethical penelitian, pengumpulan data, dan statistik penelitian. Untuk result, ada beberapa macam penggunaan grafik, misalnya grafik garis untuk menggambarkan trend, kata – kata dalam penelitian kualitatif, peta untuk analisis spasial, diagram flow untuk populasi RCT, dan tabel untuk data kategori.

Di hari ketiga, dari 13 peserta dibagi menjadi 4 kelompok. Satu kelompok ditugaskan untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok mengenai outline publikasi jurnal dari penelitian yang sudah dipilih. Kelompok saya terdiri dari 3 peserta, yaitu: saya, Ibu Dyah (Doktor/Peneliti di Pusat KPMAK), Ibu Mariati (alumni FETP UGM dan Kepala Puskesmas di Kabupaten Sinjai, Sulawesi). Kami memilih penelitian Ibu Mariati mengenai Campak untuk presentasi tugas kelompok kami.

Di hari keempat, kami belajar mengenai ethical issues dalam publikasi serta melanjutkan membuat presentasi dan latihan presentasi menggunakan Bahasa Inggris. Kami berdiskusi sampai agak larut malam karena banyak yang harus disiapkan untuk presentasi di hari kelima.

Hari kelima, presentasi dihadiri oleh Prof. Laksono dan Prof Adi Utarini sebagai reviewer kami. Tiap kelompok maju memaparkan hasil diskusi dan setiap peserta wajib berbicara dengan menggunakan Bahasa Inggris. Kelompok saya memaparkan presentasi di urutan  terakhir. Setelah presentasi selesai, kami diberikan materi mengenai abstrak dan pembagian sertifikat serta buku dari Elizabeth Pisani yang berjudul “Indonesia, etc”. Buku yang sangat keren.. tentang perjalanan Elizabeth Pisani di Indonesia. Terima Kasih Elizabeth Pisani dan Maarten Kok atas ilmunya.

 

Leave a Reply